logo
Kembali

Mengenal Beberapa Spare Parts Penting di Sebuah Truk

undefined

Spare Parts atau Suku cadang Truk merupakan salah satu jenis yang harus Anda ketahui saat akan menggunakan truk. Pasalnya, suku cadang atau Spare Parts akan menjadi pengeluaran di masa depan.

Namanya mesin, dan tentunya ada time frame yang ideal, dan terkadang Anda perlu mengganti suku cadang di dalamnya, bukan?

Nah, kami telah mengumpulkan beberapa suku cadang yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya! 

Beberapa Spare Parts Penting pada Truk

Biasanya, suku cadang yang sering Anda ganti terkait dengan mesin. Untuk mempelajari tentang setiap fitur, pertimbangkan artikel di bawah!

1. Suku Cadang Mesin

undefined

Di bawah ini adalah beberapa suku cadang truk pada mesin.

Busi. Tugas busi adalah menghentikan nyala api, membiarkan mesin menyala dan truk dapat melaju. Nah, Spare Parts ini perlu diganti setiap kali mobil menempuh jarak 50.000 km. Saat itu busi dalam kondisi kotor dan tidak bekerja maksimal.

Bantalan rem. Bantalan atau Kampas rem digunakan untuk mengatur kecepatan ban kendaraan. Sehingga berperan penting dalam pengereman truk. Kampas rem rentan aus jika truk digunakan untuk banyak perjalanan, sehingga Anda perlu memeriksanya secara teratur.

Kampas kopling. Pada truk yang dikendalikan secara manual, kopling dapat digunakan untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda. Seiring waktu, jika truk sering digunakan, bantalan rem bisa rusak.

Saringan atau filter. Ada banyak jenis filter di dalam mobil, mulai dari filter udara, filter oli hingga filter bahan bakar. Kuncinya adalah menyaring debu dan kotoran dari udara, oli atau bahan bakar agar tidak masuk ke dalam sistem.

2. Suku Cadang AC

undefined

Di bawah ini adalah daftar suku cadang truk untuk suku cadang AC.

Kompresor AC. Peran kompresor AC adalah untuk melepaskan Freon (media pendingin) ke dalam sistem AC truk ini juga bverlaku untuk mobil. Perakitan ini didukung oleh mesin. Jika ada masalah dengan kompresor, perlu diperbaiki atau diganti!

Kondensator. Fungsi kondensor adalah untuk membuang panas, yaitu pada proses perubahan freon dari wujud gas menjadi cair. Jika kondensor terlalu panas, AC tidak akan bekerja dengan baik.

Filter kering atay dryer. Filter dryer digunakan untuk menahan sementara Freon yang sudah berubah menjadi cair. Rakitan ini juga menyaring dan mengalirkan kelembapan dari sistem air truk.

Katup ekspansi. Katup ekspansi digunakan untuk menurunkan suhu dan tekanan Freon. Komponen ini jarang rusak. Jika rusak, truk tidak akan terasa dingin meski udaranya hilang.

Evaporator atau unit pendingin. Evaporator digunakan untuk mengeluarkan udara dingin. Komponen ini menyerap panas dan melepaskannya kembali dalam bentuk udara dingin. 

3. Suku Cadang Truk Lainnya

undefined

Apa suku cadang truk lainnya? Berikut adalah daftarnya.

Bumper. Bumper adalah bagian karet yang berfungsi sebagai fitur pengaman pada bagian depan dan belakang truk. Fungsinya untuk menahan benturan jika terjadi benturan di jalan.

Lampu. Saat berkendara di malam hari, lampu pada truk berperan sebagai penerangan jalan.

Kaca spion. Kaca spion adalah kaca cembung yang dipasang di sisi kiri dan kanan mobil untuk membantu pengemudi melihat ke belakang truk.

Wiper. Wiper adalah wiper yang digunakan untuk menyeka kaca depan.

4. Transmisi

undefined

Komponen transmisi yang membutuhkan perawatan rutin. Transmisi pada truk manual memiliki kemampuan untuk mengatur perpindahan gigi, sedangkan transmisi otomatis memiliki fungsi untuk mengatur posisi kendaraan, apakah maju, mundur, parkir atau netral.

Cara merawat transmisi adalah dengan mengganti oli transmisi secara berkala. Cara Anda mengemudi juga menentukan usia komponen ini, pemindahan gigi yang terlalu kasar juga dapat menyebabkan kerusakan transmisi.

Jika komponen yang satu ini rusak, maka efeknya juga akan mempengaruhi komponen lainnya. Gerakkan gigi secara perlahan agar transmisi tetap bekerja.