logo
Kembali

8 Langkah Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan Ini Wajib Dilakukan

undefined

Sering kali, jika suatu perusahaan tidak secara aktif mengupayakan perbaikan, maka perusahaan tersebut akan mengalami penurunan kinerja yang tak terelakkan. Oleh karena itu, apakah suatu bisnis sudah mapan atau baru saja dimulai, ada banyak langkah yang dapat dilakukan oleh para pemimpin untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Praktik-praktik ini tidak hanya akan meningkatkan pangsa pasar, tetapi juga akan mendongkrak laba atas investasi dan pendapatan. Di sini, akan dibahas 8 langkah untuk peningkatan kinerja bisnis yang mengarah pada hasil yang nyata:

1. Meningkatkan Kinerja Bisnis dengan Melibatkan Tim

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja bisnis adalah dengan melibatkan tim untuk mendorong produktivitas. Jika tim Anda peduli dengan pekerjaan yang mereka lakukan, mereka akan memberikan hasil kinerja yang lebih tinggi. Untuk memastikan kontribusi tim, manajemen perlu memastikan bahwa mereka membangun kepercayaan antara rekan dan lingkungan kerja. Manajer harus menunjukkan bahwa mereka menghargai kesuksesan individu seperti halnya hasil positif yang berhasil diperoleh perusahaan.

2. Komunikasi Adalah Kunci

Komunikasi sangat penting untuk peningkatan kinerja bisnis. Kurangnya komunikasi yang jelas dan terstruktur dengan baik merupakan hambatan besar bagi perusahaan besar, terutama dalam hal tingkat produktivitas. Oleh karena itu, pimpinan perlu memastikan tujuan perusahaan dengan mengedukasi hal tersebut ke seluruh komponen bisnis dalam bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

3. Menyelaraskan Kebijakan dan Struktur

Perusahaan akan lebih efisien ketika kebijakan, struktur, dan proses diselaraskan dengan jelas. Dengan mengatasi hambatan terhadap produktivitas, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka dapat mendukung keberhasilan kinerja karyawan. Misalnya, cara yang berguna untuk mengidentifikasi ketidakselarasan proses dan kebijakan adalah dengan mengklarifikasi apakah staf perlu menyiasati aturan untuk memenuhi target.

4. Jelaskan Metrik Anda

Metrik hanya berharga jika dapat dipahami. Oleh karena itu, Anda harus menjelaskan dengan cermat bagaimana metrik didefinisikan dan diukur. Selanjutnya, target dan proses pengukuran harus disesuaikan dengan masing-masing departemen. Hal ini akan memungkinkan staf untuk mendapatkan pemahaman yang lebih nyata tentang kontribusi mereka.

undefined

5. Unggul di Pasar yang Telah Ditentukan

Para ahli bisnis berpendapat, jika di dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis, maka ada 3 strategi diferensiasi kompetitif dalam bisnis: keintiman pelanggan; efisiensi operasional; dan keunggulan terdepan. Meskipun perusahaan dapat berupaya untuk unggul dalam ketiganya, mereka harus fokus pada satu segmen tertentu. Jadi, misalnya, jika perusahaan memilih untuk fokus pada keintiman pelanggan, mereka harus berupaya meningkatkan kemampuan personalisasi mereka. Sama halnya, jika mereka memilih pendekatan terdepan, investasi harus disalurkan ke arah inovasi produk.

6. Tentukan Prioritas

Sasaran bisnis harus ringkas dan didefinisikan dengan jelas. Lagi pula, mereka yang memiliki terlalu banyak tujuan cenderung kewalahan, dan pada akhirnya tidak dapat memenuhi satu pun dari tujuan tersebut. Para ahli menyarankan untuk menguraikan 3 hingga 5 saja prioritas yang mendorong peningkatan kinerja bisnis.

7. Membina Lingkungan yang Mendukung

Manajemen harus memastikan bahwa mereka mendukung sasaran karyawan. Selain itu, mereka harus berusaha mendukung mereka ketika mereka menghadapi hambatan. Melalui dukungan dan kolaborasi timbal balik, bisnis dapat memanfaatkan potensi penuh staf mereka.

8. Terus Memantau Peningkatan Kinerja Bisnis

Pemantauan berkelanjutan mungkin merupakan pepatah tertua dalam manajemen bisnis. Tetap terinformasi adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat dari strategi dalam peningkatan kinerja bisnis. Oleh karena itu, pimpinan harus memastikan bahwa mereka melakukan rapat evaluasi rutin.

Mungkin kunci utama dari 8 langkah meningkatkan kinerja bisnis ini adalah bahwa tim sangat penting dalam mendukung upaya peningkatan kinerja bisnis. Dengan pemahaman yang kuat tentang tujuan perusahaan, tim dapat bekerja sama untuk mencapainya. Melalui budaya kolaborasi, dukungan, dan akuntabilitas, staf dan pimpinan dapat bekerja sama menuju kesuksesan bisnis bersama.